Thursday, September 20, 2012

Do'a Al Iftitah (Terjemahan)

Do'a ini biasanya dibaca pada malam-malam bulan Ramadhan,
terbesit keinginan untuk membaca artinya, dan subhanallah sekali, doa yang memiliki makna yang luar biasa..
Berikut penggalan terjemahan dari doa tersebut.

"Dengan asma Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Ya Allah.. aku mulai pujian dengan memuji-Mu
Engkaulah Pembenar atas kebenaran dengan karunia-Mu

Ya Allah.. Engkau telah mengizinkan padaku untuk berdo'a dan memohon pada-Mu, maka dengarkanlah
Wahai Yang Mendengar pujianku, kabulkanlah doa-doaku..
Wahai Yang Maha Pengasih, mudahkanlah rintangan-rintanganku..
Wahai Yang Maha Pengampun, betapa banyak kesusahan yang telah Kau hilangkan, kerisauan yang Kau sirnakan, rintangan yang Kau singkirkan, rahmat yang Kau tebarkan, malapetaka yang Kau hindarkan..

Ya Allah aku memohon pada-Mu sedikit dari (nikmat) yang banyak,
dengan banyaknya hajatku dan tidak ada hajat-Mu padanya sejak dahulu kala, dan ia disisiku sangat banyak, padahal disisi-Mu sangat sedikit dan mudah.

Ya Allah, sesungguhnya pengampunan-Mu terhadap dosaku, pemberian maaf-Mu atas kesalahanku, pengabaian-Mu dari kedzholimanku, dan penyembunyian-Mu terhadap perbuatan jelekku, menjadikan aku untuk memohon pada-Mu padahal itu tidak pantas bagiku..

Engkau yang telah memberikan rezeki padaku dari rahmat-Mu dan Engkau tampakkan padaku kekuasaan-Mu, dan Engkau perkenankan ijabah-Mu, maka karena itu aku berdoa dan memohon pada-Mu dengan tenang dan yakin, tidak dengan gentar dan takut, aku tunjukkan pada-Mu apa yang aku inginkan, dan jika lambat (terkabulnya doaku) aku salahkan Engkau -karena kebodohanku- padahal keterlambatan itulah yang mungkin lebih baik bagiku karena pengetahuan-Mu atas akhir segala urusan, maka aku belum pernah mendapatkan Tuan yang lebih sabar dari-Mu dalam menghadapi hamba yang hina ini ya Rabb..


Engkau memanggilku namun aku berpaling dari-Mu,
Engkau tampakkan kecintaan padaku namun aku tolak dan aku menampakkan kebencian pada-Mu, seolah-olah Engkaulah yang mengharapkan sesuatu dariku, tapi semua itu tidak menjadi penghalang bagi-Mu, karena ihsan-Mu, rahmat-Mu, kedermawanan dan kemurahan-Mu, maka sayangilah hamba-Mu yang bodoh ini, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Karunia dan Mulia.

Segala Puji bagi Allah yang memenuhi panggilanku ketika aku memanggil-Nya
Yang menutupi setiap aibku padahal aku melanggar-Nya,
Yang memberikan padaku nikmat yang besar dan aku tidak membalas-Nya,
betapa banyak pemeberian yang telah Ia berikan, ketakutan yang besar telah Ia hilangkan dariku,
kebahagiaan yang telah Ia tampakkan padaku, maka aku memuji-Nya dan mengingat-Nya dengan bertasbih pada-Nya. Segala puji bagi Allah yang tidak pernah ditutup pintu-Nya, tidak ditolak pemintanya, dan tidak disia-siakan pengharap-Nya.

Segala puji bagi Allah yang mengamankan orang-orang yang takut,
menyelamatkan orang-orang yang sholeh, mengangkat orang-orang yang lemah,
menghinakan orang-orang yang sombong, menggulingkan beberapa raja serta menggantikannya.

Ya Allah kami mengharap pada-Mu suatu negara yang makmur, yang memuliakan Islam dan penganutnya,
menghinakan kaum munafiqin, dan menjadikan kami para penyeru untuk taat pada Mu,
pemandu menuju jalan-Mu, dan Engkau rizqikan kepada kamikemuliaan dunia-akhirat.

Ya Allah apa yang telah Engkau perkenalkan kepada kami dari kebenaran maka kuatkanlah kami memikulnya, dan apa yang tidak kami ketahui maka sampaikanlah kami kepadanya.
Ya Allah, satukanlah ketidakteraturan kami, jauhkanlah perpecahan kami, ertakanlah persahabatan kami,
perbanyaklah jumlah kami yang sedikit, muliakanlah kehinaan kami, cukupkanlah kekurangan kami,
lunasilah hutang-hutang kami, tutuplah kefaqiran kami, mudahkanlah kesulitan kami, putihkanlah wajah-wajah kami, bebaskan tawanan-tawanan kami, tunaikanlah hajat-hajat kami, penuhilah apa-apa yang dijanjikan kepada kami, kabulkanlah doa-doa kami, berilah permintaan kami, sampaikanlah harapan dunia dan akhirat kami, berilah kepada kami lebih dari apa yang kami inginkan.

Wahai sebaik-baik yang diminta, seluas-luas pemberi,
sembuhkanlah dada-dada kami dan padamkanlah gejolak hati-hati kami,
berilah kami petunjuk terhadap apa yang diperselisihkan dari kebenaran dengan izin-Mu,
sesungguhnya Engkau memeberi petunjuk pada yang dikehendaki pada jalan yang lurus,
dan menangkan kami atas musuh-musuh Mu dan musuh-musuh kami.

Ya Allah kami mengadi pada-Mu atas ketiadaan Nabi kami, keghaiban pemimpin kami,
banyaknya musuh-musuh kami, dahsyatnya fitnah (ujian) keatas kami, dan kerusakan zaman kami,
maka limpahkanlah sholawat pada Nabi Muhammad dan keluarganya,dan bantulah kami dengan kemenangan yang segera dari-Mu, bahaya yang Engkau singkirkan, kerajaan kebenaran yang Engkau tampakkan, rahmat dariMu yang Engkau muliakan kami, keselamatan yang Engkau kenakan pada kami,
dengan rahmat-Mu Wahai Yang Maha Pengasih dari Yang Pengasih.

No comments:

Post a Comment