Saturday, January 15, 2011

Pemerintah Genjot Setoran BUMN Naik 2 Kali Lipat di 2011

Aceh - Pemerintah bakal menggenjot porsi setoran BUMN ke penerimaan negara lewat pembayaran pajak dan dividen bisa naik 2 kali lipat di tahun ini. Dengan jumlah aset Rp 2.000 triliun lebih, target tersebut bisa dicapai.

Demikian disampaikan oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar dalam Pembukaan Program Revitalisasi Lahan Sawit dan Karet di Sawang, Aceh Utara, Sabtu (15/1/2011).

"Masih besar ruang, 1,5 kali lipat atau 2 kali lipat agar sebanding aset dengan penerimaan yang bisa didapat negara," tegas Mustafa.

Di tahun 2010, penerimaan negara dari setoran pajak dan dividen BUMN jumlahnya mencapai Rp 130 triliun. Dengan aset BUMN yang mencapai Rp 1.382 triliun, seharusnya setoran BUMN bisa naik 2 kali lipat.

Salah satu upaya peningkatan penerimaan negara dari BUMN tersebut, lanjut Mustafa, adalah dengan peningkatan kinerja BUMN di sektor perkebunan. Apalagi saat ini harga komoditas internasional sedang melonjak tinggi.

"Kalau saya memimpin perkebunan saya akan samakan dengan memimpin Bulog. Siapa yang sangka bisa mengadakan beras 3,6 juta ton. Pengadaan beras 1,2 juta ton saja orang masih gamang, saya bisa buktikan. Kita harus kerja keras. Perkebunan kita bisa capai 2 kali lipat," ujar Mustafa optimistis.

Sumber : situs detik.com

No comments:

Post a Comment